Ngulik Pokemon GO

Review Pokemon GO, games yang jadi hits saat ini dirilis bulan Juli lalu oleh developer dari amerika Niantic, Inc. yang berkolaborasi dengan Nintendo. Pertanyaannya adalah kenapa games ini begitu hits ? mungkin alasan pertama yaitu games ini sebenarnya bukanlah games yang benar-benar baru. Seperti kita ketahui Pokemon adalah game yang di buat oleh Satoshi Tajiri dua dek
ade lalu dan sampai sekarang kalau di hitung game pokemon sudah memasuki generasi ke-7 kalau di Handheld games, dan mobile games termasuk generasi ke-6. Selain game, Pokemon juga tampil sebagai serial kartun dan film, jadi tidak dipungkiri Pokemon sudah memiliki banyak penggemar di seluruh belahan dunia.

Kedua, Pokemon GO yang notabene adalah games mobile termasuk tipe games yang berada di jalur trak game populer saat ini seiring teknologi mobile yang baru melejit.


Ketiga, Pokemon GO termasuk game mobile yang memiliki “rasa” lain karena ber-genre Augmented Reality, yaitu game yang seakan-akan kita memainkan game di dunia nyata dengan bantuan teknologi visual (mobile dalam hal ini menggunakan camera). Tapi mengapa Pokemon GO saja yang terkenal? meskipun banyak game lain yang ber-genre sama seperti Real Strike,  Zombies, Run!, dan masih banyak lagi. Mungkin karena Cara bermain Pokemon Go harus benar-benar explor diluar ruangan.


Niantic mengembangkan Pokemon GO bekerja sama dengan Google memanfaatkan Google Maps untuk mengeksplor wilayah player. Player diharuskan berjalan-jalan untuk mencari karakter pokemon yang di ibaratkan mencari di alam liar. Selain memanfaatkan google maps game ini juga menggunakan trik waktu. Sama tempat beda waktu Pokemon yang ditangkap bisa beda.


Keempat, Gratis alias Free atau para developer sering menyebutnya sebagai aplikasi freemium di mana pengguna atau player dapat mengunduh dan menggunakan aplikasinya secara gratis namun disediakan fitur premium yang mana pengguna harus membayar untuk memanfaatkan fitur tersebut.

Melejitnya pamor Pokemon GO meskipun membuat kantong tebal pemegang Franchise dan developer, tetapi tetap membuat was-was pemilik-pemilik game ini. Sudah menjadi rahasia umum bahwa game yang ber-gendre Augmented Reality memiliki isu utama yaitu dikaitkannya teknologi virtual dengan dunia nyata. Permasalahan yang mungkin timbul salah satunya adalah kompetisi dalam game yang sangat mungkin sekali di hadirkan secara tidak sadar oleh player di dunia nyata. Seperti kasus-kasus yang sudah mulai terjadi dan ter ekspose di pemberitaan baik online maupun televisi.

Bagi kita yang paling utama adalah cara menyikapinya. boleh asik bermain tetapi ini adalah game, game adalah permainan, main itu untuk buat hati senang dan satu hal yang pasti, jangan dimasukkan ke dalam hati. sekian terima kasih.

Ref :
http://www.pokemongo.com/en-us/
https://en.wikipedia.org/wiki/Pokemon(video game series)
http://www.vox.com/2016/7/11/12129162/pokemon-go-android-ios-game
http://www.forbes.com/